my WORDerful life

Intan Permata Sari

Belajar Bahasa Jepang

on February 28, 2012

Lagi-lagi akibat bangun jam 3 an kemaren sebelum acara Kilimanjaro ada tayangan di Niigata Perfecture nama kota nya lupa ga di catet, yang bikin menarik adalah arsitektur bangunan dui daerah tersebut masih sangat traditional, bikin kangen pengen menginjakkan kaki kembali di negeri matahari terbit tersebut.

Dan derah tersebut sangat terkenal dengan ikan salmon nya, uniknya acara tersebut ku fikir itu acara jalan-jalan seperti acara-acara jalan-jalan lainnya karena aktris & aktornya bule semua, ternyata acara tersebut adalah pelajaran bahasa jepang.

Dan pelajaran yang ku dapet adalah 2 kalimat :

Kore Wa nan desu ka ?

Are Wa nan desu ka ?

Keduanya adalah kalimat menanyakan nama suatu benda, beda nya kalo “Kore” adalah menanyakan benda yang ada depan mata (deket) kalo “Are” menanyakan benda yang jauh. 

Jadi inget ketika di karantina di Nam Center sebelum berangkat ke Jepang beberapa tahun lalu, kami sempet belajar bahasa jepang yang dosennya keren banget cara ngajarnya, dia orang indonesia yang aku yakin lebih canggih dari orang jepang itu sendiri karena dia bisa berbahasa jepang dengan fasihnya dengan berbagai dialek seperti sunda, batak, jawa kayaknya orang Jepang sendiri belom tentu bisa melakukan hal ini.

Waktu itu kami diajari kalimat tanya persis seperti di atas hanya lebih banyak sedikit, dan beliau menyingkatnya menjadi KSAD, yaitu kalimat tanya untuk menanyakan benda dibedakan dari jauhnya benda tersebut berada. K = Kore, S = Sore, A = Are, D = Dare

Jadi semangat belajar bahasa jepang lagi nih, btw buku pelajaran bahasa jepang ku dimana yaaa ??? kalo ga ketemu berarti aku harus bangun jam segini nih untuk belajar bahasa jepang di NHK World dan sebetulnya lebih menarik belajar disini dibanding baca buku…..

Gantungin satu lagi harapan untuk bisa berkunjung kembali ke Negeri Matahari Terbit lagi….kali ini dibayarin negara lagi ga yaaaa ??? berharap….berharap…..:)

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: