my WORDerful life

Intan Permata Sari

Marketing is my hobbies

on February 16, 2009

Saking menariknya dunia marketing, buku-buku tentang marketing yang ada dikantor ku bacain satu2 walaupun sampe saat ini belum ada yang sampe tuntas, hari ini pas aku buka email, seorang sahabat SHARING VISION Pak Harlan Heryandi dari Telkom mengirimkan blog dari multiplynya, pas baca….simple, menarik & mengena sekali.

Nie isi emailnya………..

Ketika kita sudah menemukan dan memulai dengan small business baru yang kita inginkan, tentunya dengan jenis usaha dan produk yang sudah kita tentukan, serta  langkah get first customer pun sudah kita lalui, lantas apa langkah yang harus kita lakukan berikutnya ? Bagaimana memasarkan produk yang sudah kita siapkan ?

 

Yes, Marketing. Marketing bukanlah suatu peristiwa yang terjadi sekali dan kemudian berhenti. Marketing adalah proses yang membutuhkan usaha yang tidak berkesudahan untuk terus menerus menorehkan kesan di hati customer kita. Namun perlu kita pahami bahwa marketing bukanlah proses yang rumit dan ribet pula, seperti yang sering dibayangkan orang banyak.

 

Think simple, make it less complicated. Five keys to true marketing success for your small business.

 

1.       KEPEMIMPINAN / LEADERSHIP

 

Leadership atau kepemimpinan adalah kunci keberhasilan yang pertama dan utama. Leader sudah tentu dapat dan mampu mengkomunikasikan tujuan dan target yang dimiliki perusahaan secara jelas dan tepat sasaran kepada seluruh anggota dan team. Kalau tidak, bagaimana mungkin mereka memahami apa yang kita inginkan ? Bagaimana mungkin kita dapat berhasil  dan sukses ?  Inilah bedanya Leader dengan Manager, seorang Leader sudah tentu dapat me-manage dengan baik, namun seorang Manager belum tentu dapat memimpin dengan baik. 

 

2.       DENGARKAN SUARA CUSTOMER

 

Suara customer bisa saja bentuk ketidakpuasan atau kekecewaan terhadap produk yang di gunakannya. Program marketing yang berhasil adalah saat kebutuhan dan keinginan customer /konsumen diramu didalamnya. That’s why ? Jangan pernah ragu untuk menanyakan langsung kepada customer /konsumen dan mendengarkan dengan sungguh-sungguh apa yang mereka katakan. Berilah kebebasan kepada mereka untuk mengungkapkan pikiran dan pendapat, tanpa harus merasa terintimidasi oleh kita, lantas kembangkan wawasan kita dan ciptakanlah sesuatu yang bernilai. Jangan menjadi tuli atau budeg terhadap keluhan dan suara customer.

 

3.       FLEKSIBEL DAN SIAP BERUBAH

 

Yang selalu siap merespon perubahan di pasar dengan cepat, termasuk merespon keinginan customer / konsumen dan teknologi terbaru (new tech), mereka adalah perusahaan perusahaan yang pada umumnya sukses.  Ketika kita menyadari bahwa taktik dan strategi marketing yang dijalankan tidak lagi se-efektif sebelumnya, maka segeralah membuat revisi dengan perubahan-perubahan yang konstruktif. Evaluasi, teliti dan telusuri sumber masalahnya dan segera hilangkan. Jangan membuang-buang waktu untuk sesuatu yang sudah jelas-jelas tidak berhasil.

 

4.       FOKUS TARGET MARKET

 

Usaha atau bisnis yang kita jalankan sebaiknya memfokuskan diri pada cara pemasaran produk, baik barang ataupun jasa kepada target market yang ter-segmentasi.  Tidak perlu merasa harus mengambil dan merangkul semua target market yang malah akan melemahkan bisnis kita. Memilih dan fokus pada salah satu cara, startegi dan taktik marketing, akan membuat all resources, waktu, tenaga dan biaya dapat tersalurkan dengan efektif.

 

5.       KREATIF

 

Marketing adalah tentang bagaimana memahami customer /konsumen, maka berfikirlah kreatif dan pahami benar apa keinginan customer /konsumen kita. Jangan setengah hati untuk melakukan cara-cara dan terobosan baru yang mungkin belum pernah dilakukan oleh competitor kita. Kejenuhan dan bosan selalu bisa dihindari apabila diselingi dengan ide-ide baru yang segar.  Dengarkan kata hati dan tidak membiarkan emosi mengambil alih.

Good luck finding your perfect business.  

 

(Harlan, edt. 13 Feb 2009).

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: