my WORDerful life

Intan Permata Sari

Gara-gara baca majalah Bobo….

on August 15, 2008

Sudah hampir 3 bulanan ini anakku berlangganan majalah Bobo, dan mama nya biasanya ikutan baca, maklum dulu juga mama nya ini mantan pelanggan bobo juga, tapi emang isinya bagus-bagus.

Tadi malem, Ian minta bacain majalahnya, biasanya sih dia baca sendiri, berhubung lagi sakit, dia minta di manjain mamanya, akhirnya ku bacain deh.

Ada satu cerita Judulnya “TELAGA & AIR GARAM” kalo ga salah gitu deh judulnya, nama pengarangnya lupa,  awalnya apa hubungannya telaga & air garam ya…..

Disuatu desa terpencil di China hiduplah seorang tua & bijaksana, tidak banyak orang yang tau nama beliau, tapi beliau dijuluki Pak Tua Bijak. Suatu hari beliau kedatangan tamu yang membawa segudang keluh kesah, tamu tersebut mencurahkan segala masalah & keluh kesahnya pada Pak Tua Bijak dengan sabar Pak Tua Bijak tersebut mendengarkan sampai akhirnya Tamu tersebut lelah & selesai bercerita, lalu dengan tersenyum Pak Tua Bijak memberikan Tamunya segelas air minum yang sudah diberikan segenggam garam, lalu Pak Tua Bijak tersebut bertanya ” gimana rasanya air tersebut Dik?”, tamu tersebut menjawab “Asin…Asin sekali Pak Tua”, lalu Pak Tua Bijak mengajak Anak Muda tersebut ke sebuah telaga mata air tak jauh dari rumah Pak Tua.

Lalu Pak Tua Bijak menaburkan segenggam garam ke dalam telaga tesebut dan mengambil air telaga lalu meminta anak muda tersebut meminum air telaga tersebut & menanyakan rasanya, lalu anak muda tersebut menjawab “mmm…segar sekali Pak Tua”.

Pak Tua memandang anak muda tersebut sambil tersenyum, kemudian ia menjelaskan “Jika segenggam garam ini dianalogikan sebagai masalah-masalah yang menimpa dirimu lalu gelas & telaga ini dianalogikan keluasan hati Adik, silahkan adik pilih mau di masukkan kemana segenggam garam ini”…..

Terharu, tercenung saya membaca cerita ini, pendek ceritanya tapi maknanya dalem banget, seandainya anak-anak kita sering disuguhkan cerita-cerita seperti ini betapa akan hebatnya generasi penerus bangsa ini, mudah-mudahan melalui cerita ini dapat menstimulus saya untuk memilih cara menghadapi setiap masalah yang menempa diri apakah akan di hadapi dengan hati sebesar gelas atau seluas & sebening telaga yang masing-masing ada konsekuensinya juga…..

Advertisements

53 responses to “Gara-gara baca majalah Bobo….

  1. apiqquantum says:

    inspiratif!
    versi online nya jg seru lho…

  2. Mbak intan memang masih pantes sekali kok baca Bobo he he he

    BTW, ceritanya Apik tenan mbak … 🙂

  3. intan says:

    To Pak Apiq: oh ya Pak, walah saya belum pernah baca dari yang versi online Pak, tar di cobain deh….

    To Rayyan :
    Bacaan kan ga mengenal usia kan…begitu juga dg ilmu, orang yang lebih tua belum tentu lebih dewasa dibandingkan yang lebih muda…ya ga sih

  4. Iya mbak intan, bercanda kok. Aku juga sampai sekarang masih suka baca Bobo, Donald, sama komik-komiknya Ica & Fannie 😛

    yang pasti kita bisa belajar sama siapapun, sama anak kecilpun kita bisa belajar 😛

  5. roisz says:

    sayangnya, saya ndak kenal sama komik 😀

  6. intan says:

    Sip mas rayyan….

    To Mas Rois :
    jadi kenalnya sama siapa Mas?

  7. dhea says:

    pabrik bobo itu dimana sih?

    hehehehehe…….:D

  8. pabrik bobo itu di JAKARTA tauuuuk

  9. pabrik donald dimana ya ?! ada yang tau?!?!

  10. yusuf says:

    q jgA snEng bo”
    sDh langganan kRa” 9 tHn

  11. David says:

    wah,tambah bagus aj…

  12. selvi says:

    gimana siy cara ngedapetin
    kartu club Bobo?

  13. Anjani says:

    aku tau pabrik bobo!di Gedung kompas gramedia lantai 4,Jl.Panjang no.6A,Kebon Jeruk,Jakarta 11530.
    Oh aku juga pelanggan bobo.boboku da 198.trus ku pernah menang dan namaku dipampang di majalah bobo tiga kali di apa kabar bo,kuis j.co,uji imajinasi,sekarag uji imajinasi ud diganti ma dear nirmala yg lebih keren lo!Sampe seabad pun ku g mau berenti langganan bobo!Suksess Bobo!

  14. Anjani says:

    bobo selalu memberikan buku siap tempur ujian dan latihan dirumah membuat aku jadi cinta buku,harry potter,dan selalu ranking 1!!!!
    Pluss jd gampang ngadepin UASBN DAN TES SMP RSBI!!!Lupzzz Bobo .. Cimut juga!!! 🙂

  15. gimana sih kalau mau ikutan club bobo

  16. aldi says:

    bo ak penggemarmu bo,aku niatnya sih mau langganan majalah bobo,tapi saat aku lewat tutup terus,sampai2 kelinciku akunamai bobo

  17. cantik&chynk says:

    bo, sekarang aku udah mau lulus sd… tapi aku masih rajin baca bobo tiap minggu lho…
    aku udah langganan bobo sejak aku kelas 1. oh, iya, salam manis dari adikku tercinta yang suka baca bobo juga

  18. naoko says:

    bo aku udah kls lima sd tapi masih setia baca bobo

  19. kiki says:

    Berapa sich harga majalah Bobo jaman dulu ????

  20. hantu says:

    ha.ha.ha. airnya asin

  21. jalma says:

    Wah ternyata banyak juga yang suka Bobo, hehe…

    Fyi, Bobo ndak asli dari Indonesia lho, tapi dari Belanda.
    http://www.bobo.nl/
    Disana sampai sekarang terbitnya 2 minggu sekali…

    Tapi, sekarang (Bobo edisi bhs Indonesia) sih sudah dibuat di Indonesia,hehe…

    Tetep aja saya suka Bobo…

  22. kikan says:

    Gmana cara langganan bobo?

  23. andik budi yamto says:

    bagus banget,,,,,,,,,,,,,,kadang aku kalau ada masalah lebih ngandalin tindakan dula tanpa minta pertimbangan otak dan perasaan

  24. zuardin says:

    artikel yang menarik,,mampir juga di blog saya :
    http://zonadjadoel.blogspot.com
    majalah bobo edisi lama beserta sisipannya,,trims

  25. natasya says:

    aku suka banget lobi-lobi….:D

  26. Indri says:

    Seruu bnget cerita telaga & air garam , tpi maksud dri cerita itu apa ?

    • Maksudnya adalah….ketika kita menghadapi masalah (yang di analogikan sebagai garam sebanyak 1 sendok), apakah kita akan memandang masalah dengan hati dan fikiran sebesar gelas atau memandang masalah dengan hati dan fikiran seluas telaga…tergantung kepada kita masing-masing

  27. Esti utami says:

    wahhh..pada penggemar bobo ya?? aku jga suka

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: