my WORDerful life

Intan Permata Sari

Upacara Bendera

on August 23, 2007

“Mama, Ian ga jadi libur besok Ian harus Upacara Bendera”, itu berita sore tgl 16 Ags 2007 saat suhu badan mulai panas dan hidung udah mulai merah karena flu yang mulai terasa berat kurasa…..”Iya Mas, besok kalo mama sembuh mama anterin” Itu jawaban singkatku sambil menarik selimut…..

Upacara Bendera….kapan ya terakhir kita-kita yang sudah berumur ini upacara bendera, terakhir ku ingat waktu jaman SMA dulu, itupun karena aku ikut eskul PMR, jarang juga ikut upacara….bertugas di belakang barisan ceritanya.

Ternyata upacara bendera itu urutan acaranya masih belum berubah, apakah karena rutinitas seperti itu yang membuat upacara bendera seperti kehilangan makna, ikut upacara bendera karena kewajiban, takut dimarahin guru….takut susah naik pangkat (untuk PNS).

Melihat fenomena seperti itu, aku jadi inget, beberapa minggu lalu pas load kerja di kantor agak sedikit low, cek-cek film di server….eh ada film nagabonar jadi 2, mau…. akhirnya ko tonton, film nya bagus banget syarat dengan pesan moral (Deddy Mizwar emang hebat, setiap film yang beliau perankan selalu sarat makna), disitu ada adegan dimana Deddy Mizwar melaksanakan upacara bendera dengan segala sisi-sisa tenaga dan meminta anak2 untuk menyanggah beliau yang sedang hormat dan tidak akan melepaskan hormatnya sampai bendera merah putih sampai di ujung tiang tertinggi.

Aku mengartikan sikap Naga bonar yang seperti itu karena dia mengalami sulitnya membuat Merah Putih berkibar di Indonesia, apakah pemuda-pemudi Indonesia harus mengalami penjajahan dulu baru mengerti kebesaran makna Upacara Bendera?

………Merah putih teruslah kau berkibar, diujung tiang tertinggi, di Indonesia ku ini…..(Dikutip dari lagu Merah Putih yang dinyanyiin Cokelat Band)…maaf kalo judul lagunya kurang tepat

Mudah-mudahan akan terus begitu dan bukan hanya terpasang tapi termaknai oleh seluruh Rakyat Indonesia Tercinta

Advertisements

6 responses to “Upacara Bendera

  1. Bu, blognya diisi lagi bu

  2. jagrag says:

    sudah puluhan tahun yang lalu ga upacara…
    *kaya udah tua aja

  3. intan says:

    OK Pak Budi…disempet-sempetin deh ngisi blog

  4. intan says:

    Emang iya….terakhir upacara itu tahun 95 pas Ospek di kampus, udah gitu ga pernah lagi deh yang namanya upacara. itu udah lebih dari 10 tahun kan….

  5. weibullgamma says:

    salam kenal
    sama dengan intan..terakhir kali waktu ospek kampus…
    tapi paling berkesan waktu jadi dirigen

  6. To weibullgamma

    Salam kenal kembali, oh ya, jadi inget waktu SD intan uga selalu di jadiin dirigen kalo tiap lomba upacara sampe sebel sendiri, padahal aku pengen banget jadi protokol

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: